mengenal lebih dekat jenis-jenis investasi

Mengenal lebih dekat Investasi di Indonesia.
Mengenal kata Invetasi memang menjadi sebuah yang wajib. Invetasi sendiri memiliki makna atau arti yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki dana atau uang yang dimasukkan ke dalam sebuah instrument invetasi dan berharap ke depannya (dalam beberapa tahun) uang itu akan bertumbuh atau memberikan keuntungan laba.
Di Indonesia sendiri ada begitu banyak instrument Investasi (produk invetasi) yang dapat di dimilki sebagai wujud investasi bagi masyarakat. Setidaknya ada
1. Emas
Emas adalah suatu bentuk investasi yang tradisional yang sudah ada dan sering digunakan oleh nenek-kakek kita dulu. Caranya cukup simple dan anak SD pun pasti bisa melakukan ini. Cara yang paling mudah adalah pergi ke pegadaian atau toko emas, lalu membeli emas baik berupa batangan, keping dengan kadar karat yang diinginkan. Setelah membeli dan membawa pulang emas. Simpanlah di tempat yang paling aman di rumah, atau mungkin bisa disimpan di Bank atau pegadaian. Tapi saya belum pernah mencoba untuk menyimpan di bank atau pegadaian. Tapi yang pasti seandainya menyimpan di tempat itu pastilah malah akan menambah biaya untuk menyimpan. Oleh sebab itu memang rumah menjadi pilihan yang aman. Disamping kita bisa menjaganya sendiri, pun tidak perlu menambah biaya bayar untuk menyimpan seperti bank dll.
2. Deposito
Deposito, ya itu invetasi jenis ini adalah yang paling sering kita dengar jika datang ke suatu bank. Deposito sendiri adalah jenis invetasi yang cukup aman, selama bank yang kita invetasikan belum Bankrut.hehe…(seperti bank Century). Oleh sebab itu sangat penting untuk memlih bank yang benar-benar memiliki kemungkinan bangkrut. Untuk saran saja dalam meilih baknk yang akan kita investasikan dalam bentuk deposito, lihatlah bagian asetnya, kinerja, sudah berapa tahun bank itu ada, pelayanan, visi dan misi. Sebagai contoh Bank BNI sudah dari 1946 ada, bahkan bisa bertahan sampai sekarang, untuk asset sendiri bisa dicek saja diwebsite atau searching google.hehe pasti ada. Sebuah bank ang bagus pun harus bisa bertumbuh dan memberikan laba dalam beberapa tahun ke depan, bisa dilihat juga sebagai pertimbangan. Karena pastinya perusahaan yang bagus adalah perusahaan yang bertumbuh dan memberikan laba baginya. Kembali ke deposito, secara singkat pengertian deposito adalah kita memberikan uang kita kepada suatu bank, denngan tata aturan yang sudah ditentukan oleh bank itu, misal 3 berapa tahun laba 10% pasti dll, semua itu bisa ditanyakan di bank yang bersangkutan. Deposito adalah salah satu jenis investasi yang aman dan bagi mereka yang tidak menyukai resiko kehilangan uang dan laba yang kecil.

3. Obligasi
Obligasi secara garis besar pengertian adalah surat hutang yang dikeluarkan negara atau sebuah instansi perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan dana segar dari manyarakat atau investor. Karena sifatnya hutang pastilah nanti invetor akan mendapatkan laba (bunga) dari negara atau perusahaan. Berhubung saya belum pernah mencoba obligasi memang agak sulit bagi saya, karena untuk perjanjian obligasi dana yang dibutuhkan tidak 100 rb atau 1 juta tapi berjuta-juta bahkan milyaran juga membutuhkan waktu yang sangat lama (bertahun-tahun, sesuai kesepakatan). Jadi jenis invetasi ini jenis investasi untuk kelas berduit tinggi.hehehe tapi dari sisi keamanan uang, selama negara belum bangkrut, hutang pasti dibayar.hehe ^_^

4. Reksadana
Reksadana adalah sebuah instrument investasi yang sudah cukup modern saat ini. Pengertian reksadana secara singkat yaitu kita (sabagai investor) memberikan sejumlah uang kepada seoarang manager investasi di sebuah perusahaan financial, seperti PT. Danareksa yang sudah sangat lama ada di Indonesia, bahkan dianggap sebagai pelopor dalam bidang reksadana. Manager invetasi tersebut akan mengelola uang yang akan kita invetasikan dengan laba sekian persen % tergantung kinerja manager tersebut. Kita juga bisa memilih ingin diinvetasikan ke dalam reksadana campuran, tetap atau saham. Untuk hal itu bisa ditanyakan lebih jelasnya ke perusahaan dibidang tersebut. Saya yakin, perusahaan seperti Danareksa, Indopremier dan perusahaan-perusahaan tersebut pasti akan sangat welcome untuk membantu nasabahnya dalam hal itu. Utnuk pembukaan rekening reksadana bisa langsung ke perusahaannya dan tentunya saran saja, cek dulu perusahaan tersebut apakah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), kalau belum lebih baik jangan pernah menyerahkan uang anda ke perusahaan tersebut sedikitpun.
5. Saham
Saham. Mungkin inilah investasi jenis modern saat ini yang paling saya sukai, kenapa?. Karena membeli saham berarti kita dapat memiliki perusahaan tersebut secara tidak langsung. Menarik bukan, kita tidak perlu jatuh bangun, mandi keringat, muntah darah, patah hati, galau, nangis dll dalam membangun perusahaan yang super besar seperti Apple, Microsoft, Astra Internatonal, dll. Pengertian saham sendiri adalah sebuah bentuk lembar perjanjian yang dikeluarkan suatu perusahaan yang sudah terbuka (Tbk) agar masyarakat dapat memiliki sebagian (sekian persen) dari perusahaan tersebut. Untuk pembelian saham sendiri dulu, kita harus ke kantor perusahaan finance seperti Danareksa, Indopremier dll. Perusahaan tersebut yang di nantinya digunakan sebagai tangan penyalur untuk dapat membeli saham suatu perusahaan tersebut. Ada sekitar 440 perusahaan yang dapat dibeli sahamnya di Indonesia, dan terus bertambah.hehehe menarik?. Kita akan bahas lagi kapan-kapan untuk lebih detail.
6. Property
Sudah menjadi hal wajar bahwa harga tanah dan rumah pasti akan naik setiap hari senin, begitu kata yang iklan di TV.hehe tapi memang benar, bahwa harga itu bertambah sangat cepat setiap tahunnya. Pengertian property sendiri adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bangunan, tanah dan hak miliknya. Utnuk lebih kenalnya ya rumah lah beserta tanahnya. Walaupun ada juga apartemen dll. Tetap saja itu disebut property.hehe bgitu sepengetahuan saya. Walaupun sudah dapat dipastikan harga tanah selalu naik, tapi yang menjadi kendala moal untuk membeli tanah atau rumah pun tidak cukup 1 juta atau 100 ribu.hehe tapi jika investor punya lebih dana ya bisalah untuk invetasi jangka sangat panjang untuk anak cucu. Kenapa harga tanah dan rumah nilai jualnya meningkat terus seiring bertambahnya tahun, karena lahan untuk hidup terbatas, sedangkan jumlah manusia bertambah. Itulah salah satu alas an logisnya. Tapi tentu saja dalam membeli rumah atau tanah pun kita sebagai investor cerdas harus memilih lokasi yang tepat, sesuai dana kita, tidak sering kena banjir dll.hehe
Yak itulah keenam jenis investasi 2016 saat ini yang bisa saya sampaikan. Untuk selanjutnya bisa nanti akan saya update lagi salam invetasi ^-^

21 thoughts on “mengenal lebih dekat jenis-jenis investasi”

  1. alex () / Salut Aurélien, Pour ce qui est des Adwords, si on prend une moyenne de 50c€/clic on arrive à 500 000 de visites, sur 3-4 mois c’est plausible.Par ailleurs, je ne comprends pas ton lien S’il faut mettre un « Accueil » dans le est-on obligé de le mettre au début?Enfin, s’il faut sacrifier son SEO pour l’accessibilité, je comprends qu’aussi peu de sites s’y mettent

  2. Contrary to what Campaign wrote last week, I gave up the blog because of that kind of shit.It’s hard enough coming up with stuff to write about without effectively having to host a graffiti wall where everyone holds you responsible for the opinions of everyone else.I thought the comment was funny, but then I thought Gerry Sadowitz was a bit tame.

  3. Woah! I’m really loving the template/theme of this website. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between usability and appearance. I must say you’ve done a very good job with this. Additionally, the blog loads super quick for me on Safari. Excellent Blog!

  4. Were we naive to imagine that Arabs could govern themselves? Bush thought the Arabs were just as good as everybody else.…Ce n’est pas de la naïveté, ça aurait très bien pu marcher. Le judaïsme dit que le bien crée le bien et moi je suis sur que ce bienfait apporté aux arabes s’avèrera positif tôt ou tard.

  5. Wow thank you cash. I writing this article is about the important of making Investing and know what is investing. ^_^

  6. ok nice to meet you and thanks for coming my site. My site is still on going for update, so im so sorry that makes you disappointed ^_^.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.