Teka-Teki Bagaimana menciptakan uang tanpa uang?

Teka-Teki Bagaimana menciptakan uang tanpa uang?

Halo halo kembali lagi bersama saya Wisnu Anemone sang motivator, inspirator, edukator yang  suka ngeblank.hehe…

Oke untuk topic kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana menciptakan uang tanpa uang, hloh bagaimana caranya?. Caranya gampang-gampang susah, tetapi satu hal yang terpenting bagi anda yang ingin menciptakan uang tanpa uang adalah NIAT. Yup betul jika ada niat pasti akan selalu ada jalan untuk bisa menciptakan uang.

Jika anda melihat J.K Rowling penulis novel Harry Potter, sebenarnya dia tidak membutuhkan uang untuk menulis, dia sebenarnya hanya membutuhkan ide yang bagus dan menarik. Begitupun dengan Thomas Alfa Edison yang menciptakan bola lampu, apakah dia membutuhkan uang untuk menciptakan uang, bisa jadi butuh tapi uang tersebut digunakan untuk 1000 kegagalannya. Atau saat Steve Jobs membuat Apple , apakah dia membutuhkan uang untuk menciptakan uang, awalnya tidak, Steve Jobs hanya perlu memiliki ide dan uang pun datang dengan sendirinya (investor). Begitupun dengan orang-orang kaya dan sukses di luar sana, mereka tidak bekerja demi uang, mereka bekerja untuk ide-ide yang nantinya akan menjadi uang. Jadi kata kunci pertama untuk menciptakan uang tanpa uang adalah IDE.

Sebenarnya memang aneh  dan sulit diterima akal, kenapa hanya sebuah IDE saja kenapa bisa menciptakan uang. Tapi bukankah semua orang sukses dan kaya memang memulainya dari IDE. Nah yang menjadi pertanyaan adalah kenapa mindset atau otak kita seperti tidak bisa menerima hal tersebut,apalagi bagi para buruh atau karyawan pabrik/kantoran. Bagi mereka bekerja itu untuk mendapatkan uang, oke itu juga boleh hanya saja sampai kapan?. Sampai umur 50 kah?. Sampai nunggu dipecatkah atau PHK?. Itu yang menjadi masalah terbesar bagi seluruh umat manusia, terutama kelas bawah dan menengah. Mereka bekerja demi uang, mindset mereka seperti aku menukarkan waktuku demi uang, semisal bekerja 8 jam sehari dengan gaji 50 ribu atau 100 ribu. Apakah itu buruk?. Tidak juga, hanya saja yang ingin saya katakan adalah anda membuthkan sebuah PLAN (Rencana).

Kata kunci kedua setelah IDE adalah PLAN, plan atau rencana ibarat sebuah jalan dimana anda dapat meraih apa yang anda impikan seperti kekayaan dan menciptakan uang. Seorang Investor hebat Warren Buffet pernah berkata, “ Jika anda tidak bisa menciptakan uang bahkan saat anda tidur, anda akan bekerja seumur hidupmu sampai mati ”. Ya memang betul, jika anda tidak memiliki rencana untuk bebas secara finansial, maka anda akan bekerja seumur hidup anda. Apakah itu buruk?, bisa iya bisa tidak, bagi seseorang yang memang suka bekerja sampai tua kupikir itu kehendak mereka, saya tidak bisa melarangnya. Jika anda lihat seorang kakek-kakek atau nenek-nenek yang sudah sangat tua sekali berjalan saja sampai membungkuk sedang bejualan entah sayur atau apalah itu maka itu adalah salah satu contohnya, bekerjaseumur hidup. Saya tidak melarang itu, tetapi terkadang saya tidak tega melihat mereka yang sudah sangat tua masih bekerja mungkin hanya demi agar bisa makan hari ini dan besok.

Itulah kenapa IDE dan RENCANA menjadi prioritas. Namun sekarang banyak anak muda yang sulit untuk melihat peluang ini. Memang mendapatkan IDE yang bagus dan sempurna itu sangat sulit, saya akui itu, tetapi kembali lagi pada paragraph saya di atas bahwa semua itu dimulai dari NIAT. Jika tidak ada niat pasti IDE tidak akan datang. Lalu bagaimana agar kita dapatmemperoleh IDE yang bagus. Pertama cobalah keluar dan menjadi seorang yang proaktif, seperti cobalah membaca buku, membuka internet, berjalan-jalan keluar rumah, pergi ke pasar, pergi ke pusat keramaian dan sebagainya. Cobalah pandangi melihat apa yang dikerjakan orang-orang dan tanyakan pada diri anda adakah IDE yang dapat membuatku bisa membantu semua orang. Tentu ini sulit, tapi kupikir semua bisnis besar dimulai dari orang lain yang berarti kebutuhan dan masalah orang lain. Jika anda bisa menemukan IDE itu, tulislah, lalu bawa pulang ke rumah atau kamar kost kemudian cobalah berfikir dari IDE tersebut PLAN apa yang perlu saya buat dan siapkan untuk merealisasikan IDE tersebut. Inilah teka-teki berikutnya…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.