CARA MENGETAHUI PENIPUAN INVESTASI BODONG

CARA MENGETAHUI PENIPUANĀ  INVESTASI BODONG

Oke kembali bersama saya Wisnu Anemone CEO dari Tokobuku anemone. Kemarin saya ditanya seseorang, mas web nya tokobukuanemone tapi saya lihat kok sisinya artikel?. Saya jawab web ini memang toko buku dan sharing diskusi mas, biasanya agar lebih aman memang saya kasih menu tokopedia dan shopee jadi nanti beli buku nya di sana saja agar lebih aman, sedangkan web ini tujuannya untuk kita saling belajar tentang dunia investasi finansial dan cara-cara agar kita melek finansial yang smoga bisa bermanfaat bagi semua yang berkeinginan menjadi orang kaya.

Untuk hari ini saya akan kembali menulis artikel tentang cara mengetahui investasi bodong atau penipuan investasi itu seperti apa. Saya juga akan memberikan tips bagaimana agar anda tidak terjebak dalam investasi tersebut. Saat kembali menulis ini karena mengingat kemarin yang sedang tren yaitu penipuan investasi berkedok umroh, ini sungguh membuat saya miris melihatnya ditambah lagi korbanya adalah orang tua. Tentu ini membuat saya merasa kenapa ada ada orang yang ingin menjadi kaya dengan cara menipu seperti itu, padahal kita tahu bahwa banyak orang tua bermimpi untuk bisa umroh ke tanah suci tetapi amalah digunakan sebagai ajang menipu dan memperkaya diri.

Pertama sebagai seorang investor yang cerdas, hal yang paling utama adalah melihat apakah perusahaan investasi itu memiliki legalitas dan sudah terdaftar oleh OJK atau belum. OJK adalah Otoritas Jasa Keungan yang berfungsi mengawasi semua perusahaan dibidang financial, seperti bank, sekuritas, asuransi dan sebagainya. Jadi tentu semua perusahaan dibidang finance harus terdaftar disini sebagai sebuah perusahaan legal dibawah payung hukum pemerintahan Republik Indonesia.

agaimana cara mengetahui perusahaan itu terdaftar?.

Sangat mudah, anda tinggal melihat website resmi OJK, di sana terdapat perusahaan yang sudah resmi terdaftar bahkan ada juga daftar perusahaan yang diklaim sudah menjadi perusahaan bodong. Jadi intinya sebelum anda hendak menginvestasikan uang anda yang berharga tentu sangat penting untuk melihat apakah perusahaan itu sudah terdaftar oleh OJK atau belum.

Kedua, saya melihat ada juga perusahaan yang dimana sudah terbukti membayar selama beberapa bulan setelah anda melihat teman atau saudara anda berhasil mendapat uang. Lalu apakah anda juga akan percaya?. Hal pertama tentu perusahaan itu harus terdaftar OJK dulu walaupun itu masih kecil. Malah yang berbahaya yang seperti itu. Tetapi teman anda yang sudah ikut sebelumnya sudah berhasil mendapatkan untung, oke itu pertanyaan yang bagus. Saya hanya bisa memberikan saran, pelajari dulu konsep bisnis investasi itu, karena ada beberapa konsep bisnis yang terlihat seperti investasi dengan iming-iming profit banyak tetapi pada akhirnya tidak sanggup bayar, system ini biasanya disebut Ponzi. Apa itu?.konsepnya sama harus mencari investor baru jika ingin mendapat penghasilan profit tambahan. Saran saya memang pelajari konsep bisnisnya dulu, apakah real atau tidak seperti dalam bisnis Ponzi ini. Jadi jika ada teman atau saudara anda mengajak bergabung hal pertama yang harus anda lakukan, jangan percaya, kedua cari tahu dulu perusahaan ini terdaftar OJK atau tidak, konsep bisnisnya bagaimana, apakah harus cari member atau tidak dan sebagainya.

Oke Untuk sementara itu dulu tips yang semoga bermanfaat. Saya akan tetap berusaha mencari jenis-jenis konsep penipuan investasi yang berkedok seperti umroh, Ponzi dan sebagainya. Karena menurut saya kenapa orang harus menipu hanya untuk mendapatkan uang, padahal pada dasarnya uang itu hanyalah kertas yang dicetak. Kenapasampai ada orang-orang yang seperti itu, menipu orang lain, apa mereka tidak memiliki empati atau minimal simpatilah kepada orang lain yang sudah bekerja keras secara halal agar mendapatkan uang. Apa ya tidak kasian apalagi saya melihat di televise saat ini korbannya kebanyakan orang yang sudah tua. Oleh sebab itu, mari kita lebih cerdas dalam berinvestasi dan menginvestasikan uang kita. Ingat kita punya badan hokum seperti OJK jadi jangan takut melaporkan kecurigaan disekitar anda yang terutama menyangkut tentang investasi. Saran juga cobalah jika anda punya teman dekat atau saudara yang memiliki keahlian dibidang investasi, ekonomi bisa anda meminta saran saja dari mereka.

Smoga bermanfaat salam sukses salam kaya.

 

One thought on “CARA MENGETAHUI PENIPUAN INVESTASI BODONG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.