mengenal lebih dekat, sejarah jauh Uang?

Uang, ya uang hanyalah kertas atau hanya semacam koin bagi yang sudah memegang secara fisik. fungsi uang sebenarnya adalah untuk bukti pembayaran yang syah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tentu saja. namun mari kita kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktunya Doraemon atau kalau tidak suka,  ada yang lebih nyaman lagi yaitu mesin waktunya tahun 90 an di Film Back To Future.hehe

ngenggg…….

Oke kita sudah kembali ke masa dimana manusia tidak menggunakan uang sebagai alat untuk membayar, bahkan belum ada atau digunakan. sebelumnya kita mengenal dengan cara barter. sebelumnya sistem barter dulu sudah ada sejak zaman manusia purba. katanya gitu, katanya tapi.hehe zaman manusia purba menurut saya zaman yang kompleks kenapa?. karena disitulah sistem barter tercipta menurut saya pribadi. bisa dilihat manusia saat itu hanya ada kelompok yang berburu, Namun segera berkembang juga ada kelompok yang memilih bercocok tanam, kelompok yang hanya merebut atau merampas hasil dan kelompok-kelompok lain dan seterusnya dan seterusnya hingga sekarang. Seiring dengan berjalannya waktu (ini masih zaman agak purba lo ya) mereka membentuklah sebuah sistem dalam mengatur kelompok-kelompok tersebut sistem tersebut disebut pemerintahan. sistem ini adalah hasil kesepakatan antara bersama agar terciptanya harmoni, agar tidak ada yang merebut, dan bisa saling mengisi pun membantu kelompok-kelompok lain saat itu. dari mulai kelompok berburu,berrcocok tanam, keompok pengrajin, dan kelompok-kelompok lainnya. sistem inilah yang nantinya di Indonesia dikenal dengan partai dan politik adalah semacam bentuk strategi untuk mengatur agar bisa sama-sama adil. menurut saya.

kembali ke masa sekarang nggenggg…..

kembali ke masalah tadi manusia tadi yang mulai entah, lelah, entah kurang sepadan atas berbagai cara barter (bertukar benda/barang) kelompok yang memerintah tadi mulai berfikir dan menemukan sebuah solusi yaitu uang. uang sendiri pada keberlanjutannya yang bermula dari keping emas, keping perak, perunggu dll (karna diberbagai negara cukup beda). baru setelah sekarang 2016 uang kertas sudah digunakan. itulah awal dari apa yang disebut inflasi. kita akan lanjut tentang inflasi dan uang di next time bray…..

salam matang ^_^

Tinggalkan Balasan