Dua Sisi Kapitalis

Lama tak jumpa bersama saya, untuk kali ini saya akan sedikit berdiskusi tentang Dua sisi Kapitalis, seperti selalu ada sisi dalam sebuah koin, seperti itulah ibaratnya.hehe

Maksudnya gimana?

kadang anda berfikir kapitalis itu buruk, menjajah ekonomi rakyat kecil, mengeksploitasi SDA, memperkaya diri, dsb…

itu benar, saya setuju, tapi apakah semua kapitalis seperti itu?

saya tidak berfikir demikian, dan saya hanya memberikan contoh yang jelas saja, seperti kita lihat Bill Gates orang terkaya membuat sebuah foundation untuk membantu rakyat miskin lewat jalan riset tentang mengatasi penyakit seperti Polio, DB, bahkan mungkin AIDS, kanker dan saya berfikir mungkin susatu saat nanti jika penyakit tersebut hilang dan bisa disembuhkan dengan cepat semua itu berkat Bill Gates, walaupun kita tidak sadar akan perbuatannya.  itu baru satu contoh, masih ada beberapa contoh lain

Mengapa ada kapitalis seperti itu?

karena akan selalu ada dua sisi koin, kapitalis tidak selamanya buruk, ada kapitalis yang buruk ada kapitalis yang baik. Yang buruk bisa kalian pahami sendiri, sedangkan kapitalis yang baik mungkin kalian tidak sadar atau tahu perbuatan ataupun kebaikkan mereka. Karena kapitalis baik seperti tidak perlu pengakuan bahwa saya ini baik, dianggap pencitraan dsb. Kapitalis baik selalu memberikan sisi positif bagi semua orang.

Untuk kapitalis di Indonesia yang baik bisa kita lihat dari pemilik perusahaan Astra, TP Rahmat. Mungkin dia sangat kaya, tapi mengapa dia rela membuat rumah sakit gratis, rela memberi beasiswa dsb. Kenapa seperti itu?.

Mungkin karena Pak TP Rahmat memliki prinsip yang dimana dia harus berusaha mapan secara ekonomi agar bisa membantu orang banyak. Bisa kita lihat Pak TP Rahmat membangun Astra dari nol, modal yang minim, dan bukan dari warisan orang tua, berbeda dengan orang yang berpolitik saya tidak tahu itu.hehe contoh lain yang membangun perusahaan dari nol (dan tidak berpolitik) sebut saja Chairul Tanjung. Atau kapitalis baik yang merelakan hidupnya hanya untuk berkorban dan memberi demi manusia terutama di Indonesia, sebut saja Aldiansyah Taher yang mempunyai Taher Foundations.

Kadang kita harus berfikir kembali, apakah kapitalis itu buruk?

saya tidak tahu bagaimana jika Steve Jobs tidak memcintakan Apple Company, atau Bill Gates yang tidak menciptakan Microsoft atau Thomas A. Edison yang tidak menciptakan listrik lewat perusahaannya General Electrik. Mungkin Dunia masih menjadi zaman batu saat ini, tanpa listrik, tanpa internet, tanpa komputer dan teknologi. Karena Teknologi menurut saya adalah sebuah penemuan yang bisa memberi manusia umur yang panjang dan kemajuan bagi umat manusia.

Jadi sisi koin apa yang akan kalian pilih dalam hidup kalian?. Kalian bisa memilih untuk menajdi sosialis yang suka mengkritik hidup pas-pas an, atau menjadi kapitalis baik yang bisa membantu, memberi lebih kepada banyak orang. Silahkan memilih, karena hidup adalah pilihan.hehe

salam sukses untuk kita semua. semoga artikel ini dapat memberi pelajaran untuk kita.hehe

11 thoughts on “Dua Sisi Kapitalis”

  1. Oh you are in luck i just printed a bunch of the Target coupons today and i do not have a super target so the broccoli and such i won’t be able to use!! I will send these out this week!!! Can you use b&w as well as color? (i have an inkjet at work) also. Can you use expired coupons??

  2. This looks fantastic! I am in love with that bright glossy yellow, it’s perfect with that cushion as well – thinking the cushion’s definitely got a new home there And thanks for the tutorial on double welt piping, never knew how that was done! Missed your posts! xxxRedlilocks {Swoon Worthy} recently posted..

  3. yes thanks Jaydee. My topic its about money, Capitalism and choice to take that. Thanks for coming ^_^

Tinggalkan Balasan